Senin, 22 Maret 2010

Alur Kerja E-Bussiness

E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). Salah satu fitur dari konsep e-Business adalah menawarkan caracara penciptaan, penyimpanan, pengolahan, dan pendistribusian informasi yang efisien dan efektif di dalam sebuah perusahaan maupun antara perusahaan dengan stakeholdernya (supplier, customer, mitra bisnis, vendor, dan pihak lain yang berkepentingan).

Contohnya adalah sebuah perusahaan skala kecil di Legian (Bali) yang memanfaatkan teknologiinternet untuk menjual (mengekspor) ribuan layangan ke Australia pada saat musim panas, atau perusahaan skala menengah di Jepara yang berhasil menggunakan situs untuk mempromosikan dan melakukan transaksi jual beli

furniture ke negara-negara Eropa.

Fungsi E- Bussines
Fungsi dari e business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business. Yang termasuk proses transaksi online adalah
• 1. Data entry
• 2. Transaction processing
• 3. Database maintenance (organization’s databases)
• 4. Document and report generation
• 5. Inquiry processing (Proses pemerikasan)

Ada beberapa Metode Pengembangan e-Business :
• Pertimbangan Komoditi
• Infrastruktur Pengembangan
• Perencanaan Basisdata
• Pengembangan Program Aplikasi
• Implementasi dan Disseminasi

Strategi Pengembangan e-Business
• Penyusunan Rencana Pengembangan
• Pembangunan secara bertahap/dinamis
• Perlu menetapkan prioritas implementasi
• Pemilihan Teknologi yang tepat
• Penyiapan Sumber Daya
• Gunakan jasa Web-Hosting
• Pengembangan diserahkan pihak ketiga
• Kerjasama dengan Institusi Penyedia jasa Internet.



Kelebihan dan Kekurangan e-Business

Kelebihan
• Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
• Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
• Menurunkan biaya operasional (operating cost).
• Melebarkan jangkauan (global reach).
• Meningkatkan customer loyality.
• Memperpendek waktu produksi.
• Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)



Kekurangan
• Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
• Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
• Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
• Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
• Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.


Di sini ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada e-commerce yang memasarkan produknya lewat internet (dunia maya) :

Nama Bisnis

Kelebihan

Kekurangan

Amazon

· Amazon memiliki banyak kreatifitas dalam melakukan penjualan pada dunia maya. Berbagai macam produk ditawarkan mulai dari barang non elektronik sampai elektronik. Alat dan bahan perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari juga ditawarkan.

· Amazon memiliki banyak relasi sehingga proses bisnisnya cukup lancar.

· Banyak produk yang ditawarkan tidak ditampilkan karakteristik dan fungsi atau kelebihan dari produk itu sendiri. Jadi, hanya sekedar barang dan harganya saja. Sehingga konsumen pilih-pilih dalam membeli produknya.

· Pengaupdatetan informasi barang-barang yang ditawarkan jaraknya lama.

Dell

· Tampilannya cukup simple namun penawaran produknya menarik dengan perkembangan teknologi saat ini.

· Dell juga memiliki relasi bisnis yang lumayan.

· Aksesorisnya cukup lengkap dengan desain dan fungsinya yang sempurna.

· Dell hanya menawarkan barang-barang elektronik berupa komputer dan laptop beserta aksesoris lainnya. Ini membuat para konsumen jenuh karena produknya itu-itu saja.

· Lamanya waktu pengiriman barang.

· Proses pemesanannya cukup rumit.

Bekas.com

· Tampilan websitenya standar

· Bekas.com menawarkan produknya yang cukup banyak tapi bedanya dengan Amazon, Bekas.com memberikan pelayanan yang cukup menarik. Ada juga biro jasa – biro jasa yang ditawarkan seperti kontraktor.

· Keterbatasan pada pembelian produk yang hanya memiliki sedikit relasi pada bank.

· Desainnya yang minimalis membuat konsumen jenuh.

· Keterbatasan pada pemasangan iklan yang hanya memiliki satu member.



Perbandingan Bisnis Online dalam Negeri dan Luar Negeri

Fastncheap.com

Dalam e-commerce Fastncheap dapat dikategorikan sebagai jenis perusahaan yang memiliki ’bisnis nyata’ yaitu perusahaan yang secara riil ada atau memiliki toko namun juga menggunakan media internet untuk mengembangkan usahanya. Dari storefront-nya dapat terlihat bahwa fastncheap.com merupakan website yang memberikan layanan penjualan computer beserta perangkat-perangkat pendukungnya dan produk elektronik lainnya. Macam-macam jenis serta merk yang ditawarkan cukup lengkap sehingga konsumen dapat dengan mudah mencari perangkat yang diperlukan hanya dalam satu website saja yaitu fastncheap.com. Hal yang cukup menarik perhatian adalah mereka menawarkan Today Special Offer yaitu pemberian potongan harga pada produk-produk tertentu hanya dalam satu hari saja. Strategi seperti ini dapat mengakibatkan para konsumen tertarik akan potongan harga dan menjadi sering mengunjungi website tersebut. Fastncheap.com juga memberikan pelayanan pembelian melalui kartu kredit sehingga memudahkan konsumen jika ingin memesan barang tersebut dan menunggu barang dikirim ke rumah sesuai ketentuan yang berlaku tanpa harus repot-repot mengunjungi gerai fastncheap yang mungkin saja belum ada di kotanya.

Bhinneka.com

Storefront dari bhineka.com langsung saja menjelaskan bahwa website ini merupakan webstore computer beserta perangkat elektronik lainnya yang masih berhubungan dengan computer. Kesan pertama yang langsung muncul pada saat saya melihat website ini adalah cukup menarik dan terpecaya karena desain yang menarik, rapi, serta contact person yang secara jelas tertera di bagian bawah. Produk-produk yang ditawarkan juga beragam dengan merk ternama yang cukup lengkap. Bhinneka sendiri di dunia nyata memiliki beberapa cabang seperti di Mangga Dua Mall, Poins Square, dan Pacific Place yang mana berada di wilayah Jakarta. Jadi bhinneka dapat dikategorikan sebagai ‘bisnis nyata’ juga.

Mizan.com

Mizan.com merupakan website yang memberikan pelayanan penjualan buku secara online. Storefront yang muncul langsung saja menyajikan buku-buku best seller beserta harganya. Website ini cukup lengkap dalam memberitahukan identitas mizan sehingga dapat meyakinkan pengunjung akan keamanan dalam melakukan transaksi lewat mizan.com. Website ini menyediakan katalog, newsletter, e-book, audio files, video files, dan nukilan. Semua dapat dibeli secara online dengan prosedur yang ditetapkan. Sebenarnya Mizan sendiri merupakan salah satu perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia. Jadi mizan.com juga merupakan website yang memiliki usaha secara nyata dan memiliki website sebagai media lain dalam memasarkan produknya.

Amazon.com

Website amazon.com merupakan suatu portal penjualan barang-barang yang sangat terkenal di dunia. Berawal dari hanya menyediakan penjualan buku secara online, sekarang amazon.com telah memperluas usahanya dengan menjual produk lainnya seperti perhiasan, alat elektonik, bahkan mainan anak-anak. Storefront amazon.com memang terkesan sederhana namun kelengkapan produk yang ditawarkan serta special offer hingga 50% cukup menarik konsumen untuk mengunjungi dan melakukan transaksi. Amazon.com yang merupakan bisnis murni online sangat memberi kemudahan bagi konsumen dalam mencari produk apa saja yang diinginkan dari search engine yang disajikan di pojok kanan atas dan jika tertarik dapat langsung melakukan pembelian. Ruang lingkup dari pengiriman barang juga cukup luas hampir mencakup seluruh dunia.

Barnesandnoble.com

Website barnesandnoble.com merupakan website yang menawarkan buku, majalah, DVD, bahkan mainan anak-anak. Walau jenis produk yang ditawarkan masih terbatas namun tampilan storefront awal cukup menarik perhatian disertai dengan special offer di produk-produk terntentu. Informasi yang ditunjukkan di halaman awal cukup lengkap hingga mencakup buku-buku bestseller. Barnesandnoble juga menyediakan layanan pembelian secara online bahkan mereka memiliki B&N membercar yang akan memberikan kemudahan bagi para member dalam melakukan transaksi pembayaran disertai potongan-potongan harga. Selain itu di daerah-daerah tertentu terdapat layanan fast and free delivery. Barnesandnoble di dunia nyata merupakan sebuah toko buku jadi sebelum menggunakan bisnis online, Barnesandnoble telah memiliki bisnis nyata terlebih dahulu.

Perbandingan bisnis online di Indonesia dan di internasional

Gambaran-gambaran di atas memberikan perbandingan antara bisnis online fastncheap.com, bhinneka.com, mizan.com yang merupakan milik dalam negeri dan amazon.com dan barnesandnoble.com yang milik asing. Persamaan yang dimiliki adalah sama-sama memberikan lanyanan pembelian secara online yang akan memudahkan konsumen, pemberian delivery service, search engine, dan juga shopping chart. Namun perbedaannya adalah bisnis online dalam negeri masih perlu banyak belajar dan memperbaiki baik dari storefront maupun kelengkapan produk yang ditawarkan. Selain itu pelayanan jasa yang diberikan juga harus dikembangkan dan dimaksimalkan seperti program fast and free delivery yang ditawarkan barnesandnoble.


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sebelumnya...

    PERTAMAX...hehe

    Info yang menarik untuk dipelajari, bagus bro...

    Mungkin tahap2 dalam berbisnisnya kurang sedikit jelaskan yahh..? hehehe..

    tapi ini informasi bagus bro, jd kita dapat mengetahui berbagai macam perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce, and it's just simple bila ingin berbelanja...

    BalasHapus